Selasa, 09 Oktober 2012

Sup Krim Kentang Jamur


Kentang adalah sayuran dari umbi akar yang disukai banyak orang. Kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi membuat kentang juga bisa dimasukkan dalam kelompok makanan pokok. Sebenarnya kentang bisa diolah menjadi aneka masakan lezat, mulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup. Namun, olahan kentang yang paling populer di masyarakat hingga saat ini terutama hanyalah kentang goreng dan keripik kentang
Dibanding jenis umbi-umbian lain, kentang memiliki keunggulan, yaitu mengandung vitamin C yang tidak mudah hilang meskipun telah dipanggang atau dikukus. Tak heran jika pada jaman dahuylu, Bangsa Spanyol menggunakan kentang untuk mencegah scurvy (gangguan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C) selama dalam perjalanan yang menggunakan kapal. Memang kandungan vitamin C kentang tidak terlalu tinggi, namun karena biasa dimakan dalam jumlah besar, maka kentang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C mereka.
Selain vitamin C, kentang juga mengandung vitamin B kompleks dan kalium, wah banyak sekali ya manfaat kentang. Namun demikian, untuk pengolahan kentang yang akan dikonsumsi bayi dan balita, sebaiknya kombinasikan dengan sayuran lain seperti wortel, labu kuning, brokoli, dll, agar kandungan gizinya lengkap.
oke deh setelah tahu manfaat dari kentang kali ini saya akan membagi resep yang terbuat dari kentang untuk balita Anda yaitu "Sup Krim Kentang Jamur"  untuk usaia sembilan ke atas..

Bahan:
250 gram kentang, potong dadu
2 batang daun bawang, potong 1 cm
50 gram tomat
300 ml kaldu sapi
1 sdt merica hitam bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula
150 ml susu kedelai/susu cair
5 buah jamur kancing, belah tipis bulat
1 sdm peterseli cincang


Cara Membuat:
  1. Rebus kentang dan daun bawang dengan kaldu hingga empuk. Angkat, biarkan agak dingin.
  2. Masukkan blender, proses hingga lembut lalu masak kembali. Bumbui dengan garam, gula dan merica, tambahkan susu, masukan jamur.
  3. Angkat setelah mendidih dan jamur matang. Sajikan dengan taburan peterseli
untuk 2 porsi
 

Tidak ada komentar: