Senin, 22 Oktober 2012

Tips Membuat Kue Bika Ambon

Kue ini masuk dalam kategori kue tradisional Indonesia. Namun kepopulerannya sama dengan cake maupun kue modern lainnya. Bika ambon terbuat dari tepung, gula, dan santan yang difermentasikan menggunakan ragi. Hasilnya kue bersarang dengan tekstur kenyal dan rasa yang legit.
Seperti kue tradisional lainnya, proses pembuatan bika ambon memang membutuhkan ketelatenan, terutama saat fermentasi dan pemanggangan karena faktor api memegang peran penting untuk membentuk sarang yang bagus pada kue. Namun dengan proses yang benar serta komposisi bahan tepat, kue ini tidak sulit dibuat.


Pengenalan Bahan
  1. Telur; untuk membuat bika ambon, telur tidak perlu dikocok sampai mengembang. Cukup dikocok lepas dengan garpu atau pengocok telur manual.
  2. Tepung terigu dan tepung kanji; campuran kedua tepung ini akan membuat adonan menjadi licin dan teksturnya kenyal, khas bika ambon, setelah difermentasi dan dipanggang.
  3. Santan; memberikan rasa gurih pada bika ambon, santan yang dipakai adalah santan kental yang didapat dari kelapa tua. Tidak dianjurkan memakai santan instan, karena santan ini telah ditambahkan bahan emulsi supaya tampak kental.
  4. Air kelapa dan ragi; keduanya berfungsi untuk mengembangkan adonan saat proses fermentasi agar kue yang dihasilkan mengembang dan bersarang.
  5. Gula pasir; selain memberikan rasa manis pada kue, gula juga membantu kerja ragi dalam proses fermentasi.
  6. Daun jeruk dan daun pandan; berfungsi untuk memberikan aroma, sehingga hasil akhir kue beraoma wangi.

Kunci Sukses Membuat Bika Ambon 
  1. Untuk menghasilkan bika ambon yang bertekstur bagus, masak santan dengan api kecil sampai berminyak. Jangan merebus dengan api besar karena santan akan pecah.
  2. Gunakan santan dari kelapa segar agar bika ambonyang dihasilkan empuk dan gurih. Jangan memakai santan instan karena biasanya santan instan telah dicanpur bahan pengemulsi untuk membentuk kekentalannya.
  3. Diamkan adonan biang hingga benar-benar mengembang. Gunakan ragi yang masih bagus agar biang untuk adonan bika bisa bekerja maksimal.
  4. Tepuk-tepuk adonan sebelum diistirahatkan, selama kurang lebih 5 jam untuk menghasilkan bika yang berserat bagus
  5. Awalnya panggang adonan dengan api kecil dan pintu oven terbuka hingga permukaan adonan bergelembung. Gunakan api atas dan tutup pintu oven bila serat kue telah terbentuk.
  6. Cara lain untuk pemanggangan bika ambon, dengan meletakkan loyang bika di atas pasir panas dan panggang langsung di atas api kompor.
untuk resep membuat bika ambon dapat diklik disini

3 komentar:

Obat Kencing Manis mengatakan...

postingan ini sangat menarik serta enak dibaca, saya berharap bisa berkunjung lagi

Obat Pembesar Payudara Herbal mengatakan...

makasih resepnya..!! kekhasan raanya pasti lebih nikmat..??

widya kato mengatakan...

Saya sdh nyoba spt tips diatas tp blm jg dpt yg pas alias gagal tdk keluar sarangnya sdh mengembang tp lgs mimpes,pdhal saya bikin martabak manis berhasil keluar sarang & bagus,ternyata susahnyaa bika ambon